Teintagho.com - Berikut tatacara menyimpan file ke Google Drive.

1. masuk dulu ke akun google masing-masing. Karena google drive adalah salah satu layanan dari google, dan semua layanan google bisa diakses dengan satu akun.



2. masuk ke layanan google drive. Di versi dekstop, teman-teman klik simbol kotak disamping avatar akun google. Setelah itu akan muncul berbagai layanan dari google, kemudian klik simbol google drive seperti yang ada pada gambar. 

3. Setelah dashboard Google drive terbuka, teman-teman pilih "NEW" seperti ada pada gambar. New berfungsi untuk membuka opsi membuat folder, file google office seperti doc, sheet, dan slide, serta mengunggah file dan juga folder dari laptop atau pc.


4. Setelah opsi menu "new" terbuka, teman-teman bisa memilh "file upload" atau "folder upload". File upload berfungsi untuk menyimpan satu file saja dari laptop atau komputer. Sedangkan folder upload berfungsi untuk menyimpan atau mengunggah banyak file di dalam satu folder di laptop atau komputer. Dalam tutorial ini saya memilih untuk mengunakan file upload, agar proses pembuatan tutorial cepat selesai.



5.  Setelah kotak dialog terbuka, teman-teman tinggal memilih file yang akan disimpan ke google drive. 


6. Jika file sudah ditentukan, maka klik file yang akan disimpan tersebut kemudian klik tombol open pada kotak dialog. Setelah itu teman-teman akan kembali ke dashboard google drive.

7. Tunggu hingga proses upload file ke google drive selesai. Prosesnya bisa lama atau sebentar tergantung kapasitas file dan juga kecepatan koneksi internet yang teman-teman gunakan.


8. Jika proses mengunggah file ke google drive sudah selesai. Maka file akan masuk ke google drive dan siap untuk digunakan. Teman-teman bisa menggunakan file ini dengan membuka di smartphone atau juga membagikan ke orang lain.

Sumber : https://www.andik.my.id/