Pencarian Data Dengan Fungsi Lookup
Fungsi lookup adalah salah satu fungsi yang sangat berguna untuk mencari data dalam sebuah tabel atau daftar. Dalam fungsi lookup, kita dapat mencari data berdasarkan nilai tertentu pada kolom tertentu. Pada materi ini, kita akan membahas cara menggunakan fungsi lookup untuk mencari data dalam sebuah tabel atau daftar.
Pengertian Fungsi Lookup
Fungsi lookup adalah fungsi yang digunakan untuk mencari data dalam sebuah tabel atau daftar. Fungsi ini berguna untuk mencari nilai yang sesuai dengan kriteria tertentu pada kolom tertentu. Dalam Excel, fungsi lookup disebut dengan VLOOKUP dan HLOOKUP.
Cara Menggunakan Fungsi Lookup
Fungsi lookup dapat digunakan dengan cara sebagai berikut:
VLOOKUP
Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mencari data pada kolom tertentu dan mengembalikan nilai yang sesuai dengan kriteria tertentu. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
Penjelasan rumus:
lookup_value: nilai yang ingin dicari dalam kolom tertentu
table_array: tabel atau daftar tempat nilai yang ingin dicari disimpan
col_index_num: nomor kolom pada tabel atau daftar tempat nilai yang ingin dicari disimpan
range_lookup: jenis pencarian data yang ingin dilakukan (benar atau salah)
Contoh
Rumus VLOOKUP yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan di atas adalah sebagai berikut:
=VLOOKUP(I4;E4:F9;2;FALSE)
Penjelasan:
"Andi"&"8A" adalah nilai yang ingin dicari pada kolom A
E4:F9 adalah tabel atau daftar tempat nilai yang ingin dicari disimpan
2 adalah nomor kolom pada tabel atau daftar tempat nilai yang ingin dicari disimpan
FALSE adalah jenis pencarian data yang ingin dilakukan (eksak)
Nilai ujian yang diperoleh oleh Andi yang berada pada kelas 8A adalah 90.
HLOOKUP
Fungsi HLOOKUP digunakan untuk mencari data pada baris tertentu dan mengembalikan nilai yang sesuai dengan kriteria tertentu. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)
Penjelasan rumus:
lookup_value: nilai yang ingin dicari pada baris tertentu
table_array: tabel atau daftar tempat nilai yang ingin dicari disimpan
row_index_num: nomor baris pada tabel atau daftar tempat nilai yang ingin dicari disimpan
range_lookup: jenis pencarian data yang ingin dilakukan (benar atau salah)
Silakan klik tombol di bawah ini untuk download latihan penggunaan Vlookup dan Hlookup
0 Comments
Post a Comment